Mesat Ngapung Luhur Jauh di Awang-awang Meberkeun jangjangna Ngarah Jadi Penerbang

Wilujeung Sumping

Hatur nuhun pisan parantos sumping ka ieu blog.....
mangga/silahkan tulis komentar or pesan. Blog ini artikelnya buat kalangan sendiri si tapi kalo tertarik buat dibaca apalagi di komentari ya monggo..........

Kang Iwan

Foto saya
Indonesia
Kerja, Ibadah, Senyum, Senang deh

Investasi Modal Ringan ?

Panduan Berbisnis Online

Cari Situs Yang Lain

Kamis, 06 November 2008

Pesawat Soloy Jatuh Lagi


Awalnya saya tidak mau untuk menginformasikan kejadian ini karena bukan kapasitas say untuk hal itu. Tetapi saya berfikir jika tidak saya informasikan saya takut ada pihak-pihak yang malah memberitakan dilebih-lebihkan, sebaian teman-teman dar pers masih ada yang bersemboyan bahwa "bad news is a good news".
Pada februari 2008 lalu terjadi kecelakaan pesawat helikopter latih yang jatuh dan terbakar. Kini dengan tipe peswat yang sama (H-4702) jatuh lagi di Brebes pada tanggal 5 Nov 2008 yang diawaki oleh Letkol Pnb Tahyodi, S.AP selaku instruktur pilot (AAU 1990) dengan Sermasis Muhamad Iqbal (sekbang ke 77).


Kecelakaan ini terjadi diakibatkan karena "Tail Rotor Failed", yakni tidak berfungsinya balaing2 ekor sebagai penyeimbang (efek torque) dari Main Rotor (baling2 utama). Dan yang terjadi adalah pesawat akan berputar2 melawan putaran dari baling2 utama, yang tentunya pesawat sulit untuk dikendalikan.
Alhamdulillah puji syukur yang tidak terkira karwena kami tidak lagi kehilangan rekan kerja lagi, dengan kata lain semua awak pesawat selamat.
Berdasarkan informasi yang diterima, awalnya pesawat terbang normal, kurang lebih 20 NM menuju Penggung, tiba2 terdengaf bunyi "trak" pesawqat langsung Yaw dan oleng ke kanan dan sulit untuk dikendalikan, rupanya Allah masih melindungi dan sepersekian detik melihat ada tanah yang bisa didarati Alhamdulillah pesawat bisa mendarat dan awak pesawat pun selamat.

Perlu diketahui bahwa "emergency Tail Rotor" di helikopter merupakan salah satu emeegency yazng cukup beresiko dan sangat susah untuk me-recovery-nya ...tetapi berdasarkan jam terbang, pengalaman dan kuasa Allah, alhamdulillah semua masih bisa selamat. Perlu kiranya kita beri penghargaan "Well Done".
Semoga Allah selalu melindungi kami semua yang setiap hari bergelut dan beegulat dengan pesawat dimana nyawa sebagai taruhannya.
Amin.........

oya mau tau keterangan dari Sermasis Iqbal
klik
http://semuanyadiluarbatasnormal.blogspot.com/

Related Posts by Categories

3 komentar:

  1. izin let saya baik baik saja dengan komandan sermasis muhammad iqbal

    BalasHapus
  2. Duh kang iwan, saya sempat merindding saat dengar soloy jatuh lagi.Alhamdulilah Komandan dan siswa sekbang selamat.Waktu shooting rajawali putri saya sempat liat latihan auto rotation komandan yg sangat baik. Saat itu saya yakin bahwa semua penerbang2 skuad 7 passti mampu dengan baik melakukan recovery emergency lainnya. OK kang hati2 kalo nerbangin si Soloy. Soloy sepertinya makin sepuh ya.. Salam utk teman2 lainnya.

    edypras - metro tv

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah bang kita semua masih di sayang Allah SWT. Semoga kita tetap dalam lindungan NYA. Amin

    BalasHapus